RENUNGAN MALAM IDUL ADHA

179 views

Hasanuddin Z Arifin

Hai anak Adam, Kami telah menurunkan kepada kalian pakaian untuk menutup aurat dan sebagai perhiasan. Dan pakaian takwa, itulah yang terbaik...(Al A'raf: 26). 

Jika seseorang telah mengenakan pakaian takwa maka makrifat menjadi modal utama hidupnya; pengendalian diri ciri aktivitasnya; kasih sayang sebagai asas pergaulannya; kerinduan kepada Allah menjadi kendaraannya; zikir sebagai pelipur lara hatinya; empati menjadi temannya; ilmu sebagai senjatanya; sabar dan syukur menjadi busananya; zuhud sebagai perisainya; kebenaran jadi andalannya; taat bukti kecintaannya; jihad dan mujahadah kesehariannya; dan doa menjadi senandungnya.

Jika pakaian takwa telah menghiasi jiwa seseorang maka terpeliharalah identitasnya; anggun penampilannya; selalu hidup bersih meski miskin; hidup sederhana meski kaya; selalu terbuka tangan dan hatinya; tidak berjalan membawa fitnah; tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan sia-sia; tidak menuntut yang bukan haknya; dan tidak pernah menahan hak orang lain.

Ketika beruntung dia bersyukur; ketika diuji dia bersabar; jika tersalah dan berdosa dia istighfar, menyesal, dan tidak mengulang perbuatan serupa; dan bila dimaki dan dicela oleh orang dia tersenyum dan berkata: jika celaan Anda benar semoga Allah mengampuni aku dan jika cacian Anda keliru semoga Allah mengampuni Anda!

Selamat berkurban.

 

author